Senin, 03 Desember 2012

Buku Vs E-Book



Dahulu buku merupakan sumber informasi yang di agung-agungkan untuk menemukan informasi. namun dengan berkembangnya era teknologi sekarang media cetak tersebut mulai terpinggirkan dengan adanya teknologi ebook.
Sudah Beberapa Tahun Sebelumnya Industri penerbitan Indonesia masih sulit berkembang karena menghadapi masalah klasik, terutama pembajakan dan perkembangan tren buku elektronik (e-book). Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Lucya Andam Dewi mengemukakan industri penerbitan di Indonesia jalan di tempat dalam beberapa tahun terakhir karena banyak masalah klasik belum terpecahkan.
            Pada saat ini, ketika terbitnya buku baru yang keluar, tindakan para pembajakannya sudah marak beredar. Disisi lain hal ini sangat merugikan penerbit dan penulis. Selain itu, kemajuan teknologi juga mulai menggeser cara membaca sebagian masyarakat perkotaan dengan mengakses buku elektronik di Internet. Tren buku elektronik ini telah menekan penjualan di toko buku.

Kondisi industri penerbitan cukup menghawatirkan karena masih dianggap sebagai perusahaan komersial yang penuh dengan pungutan pajak. Padahal, industri ini juga mengandung unsur edukatif dan berperan mencerdaskan bangsa. Beragam masalah ini berimbas pada menurunnya minat penulis karena mereka sering menerima royalti yang minim. Akibatnya jumlah buku berkualitas yang dicetak di Indonesia semakin minim

Tidak ada komentar: